Sejarah perkembangan mesin percetakan

Sejarah Perkembangan Mesin Percetakan


Sejarah Perkembangan Mesin Percetakan


Apa itu Percetakan?
Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.

Apa itu Mesin Cetak?
Mesin cetak digunakan untuk membuat banyak salinan halaman yang identik. Kini digunakan untuk mencetak buku dan surat kabar. Kini segalanya dilakukan secara otomatis. Saat mesin cetak ditemukan oleh Johannes Gutenberg, ia harus meletakkan huruf bersama-sama. Tiap huruf ada di balok logam dalam sebuah bingkai. Lalu ia bisa memindahkan kertas dan tinta di atasnya, mirip seperti perangko. Huruf itu akan meninggalkan beberapa tinta di kertas itu.

Awal Berkembangnya Percetakan
Di Eropa, sebelum percetakan ditemukan, semua informasi yang tercatat ditulis dengan tangan. Buku-buku dengan hati-hati disalin oleh ahli tulis (scribes) yang sering menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan satu jilid buku. Metode ini begitu lambat dan mahal dan hanya sedikit orang yang memilik kesempatan atau kemampuan untuk membaca karya yang telah selesai.
Siapa itu Johannes Gutenberg?
Terobosan besar datang sekitar tahun 1440 oleh Johannes Gutenberg dari kota Mainz, Jerman. Gutenberg menciptakan sebuah metode pengecoran potongan-potongan huruf di atas campuran logam yang terbuat dari timah. Potongan-potongan ini dapat ditekankan ke atas halaman berteks untuk percetakan. Metode penemuan pencetakan oleh Gutenberg secara keseluruhan bergantung kepada beberapa elemennya diatas penggabungan beberapa teknologi dari Asia Timur seperti kertas, pencetakan dari balok kayu dan mungkin pencetakan yang dapat dipindahkan, ciptaan Bi Shen, ditambah dengan permintaan yang meningkat dari masyarakat Eropa untuk pengurangan harga buku-buku yang terbuat dari kertas. Metode pengetikan ini bertahan selama sekitar 500 tahun.
Awal Sejarah Percetakan
Orang China
membuat banyak penemuan. Mereka menemukan kertas pada abad pertama dan moveable type yang terbuat dari tanah liat sekitar abad ke-11. Orang Korea pertama kali membuat moveable type dari perunggu pada pertengahan abad ke-13. Akan tetapi, tidak diketahui adanya hubungan antara penemuan awal orang Asia dan penemuan percetakan di Eropa pada abad ke-15.
Sejarah Perkembangan Percetakan

Jenis Jenis Mesin Percetakan dari masa lalu hingga sekarang :

Woodblock Printing (200)
Related image
Pencetakan blok adalah teknik untuk mencetak teks, gambar atau pola yang digunakan secara luas di seluruh Asia Timur baik sebagai metode pencetakan pada tekstil dan kemudian, di bawah pengaruh Buddhisme, pada kertas.
Movable Type (1040)
Image result for Movable Type (1040)
Jenis bergerak adalah sistem pencetakan dan tipografi yang menggunakan bergerak komponen untuk mereproduksi elemen dari dokumen (biasanya huruf individu atau tanda baca).
Pertama dikenal sistem movable type dunia untuk pencetakan terbuat dari bahan keramik dan dibuat dalam Cina sekitar tahun 1040 oleh Bi Sheng (990-1051) selama Dinasti Song Utara (960-1127). Sekitar 1450 Johannes Gutenberg membuat logam mekanik bergerak-jenis cetak di Eropa, bersama dengan inovasi dalam pengecoran jenis berdasarkan pada matriks dan tangan cetakan.

Printing Press (1440)
Image result for Printing Press (1440)
Sebuah mesin cetak adalah alat untuk menerapkan tekanan ke bertinta istirahat permukaan di atas cetak menengah (seperti kertas atau kain), sehingga mentransfer tinta. Biasanya digunakan untuk teks, penemuan mesin cetak secara luas dianggap sebagai salah satu peristiwa yang paling berpengaruh di milenium kedua, mengantarkan dalam periode modernitas.
Menekan bergerak-jenis keramik menggunakan cor yang bekerja di China dari tahun-tahun awal milenium terakhir. Pada tahun 1377, jenis logam bergerak pertama diciptakan di Dinasti Goryeo di Korea, yang digunakan untuk mencetak Jikjishimcheyojeol atau hanya Jikji, yang merupakan masih ada buku cetak logam bergerak tertua.

Etching (Etsa) 1515
Image result for Etching (Esta) 1515 printing
Etching secara tradisional proses menggunakan kuat asam atau pedas untuk memotong ke dalam bagian-bagian yang tidak dilindungi dari logam permukaan untuk membuat desain dalam intaglio (bantuan) dalam logam.

Mezzotint (1642)
Image result for Mezzotint (1642)
Mezzotint adalah seni grafis proses intaglio keluarga, teknis drypoint metode. Ini adalah pertama metode tonal teknik yang akan digunakan, memungkinkan setengah-nada yang akan diproduksi tanpa menggunakan line- atau dot berbasis seperti penetasan, cross-penetasan atau titik-titik. Metode mezzotint seni grafis diciptakan oleh amatir seniman Jerman Ludwig von Siegen (1609-c 1680).

Aquatint
Image result for Aquatint printing
Aquatint adalah intaglio seni grafis teknik, sebuah varian dari etsa. Seperti etsa, aquatint menggunakan aplikasi dari mordant untuk etch ke pelat logam. Di mana teknik ukiran menggunakan jarum untuk membuat garis yang mencetak dalam warna hitam (atau apa pun warna tinta yang digunakan), aquatint menggunakan bubuk rosin untuk menciptakan efek tonal. Rosin yang tahan asam dan biasanya berpegang pada piring dengan pemanasan terkendali. Variasi tonal dikendalikan oleh tingkat paparan tajam di daerah yang luas, dan dengan demikian gambar dibentuk oleh bagian besar pada suatu waktu.
Litography (Litografi)

Image result for Lithography (Lithographic) printing
Diciptakan oleh penulis Bavaria Aloys Senefelder pada tahun 1796, litografi adalah metode untuk mencetak pada permukaan yang halus. Litografi adalah proses pencetakan yang menggunakan proses kimia untuk membuat gambar. Misalnya, bagian positif dari suatu gambar akan menjadi hidrofobik kimia, sedangkan citra negatif akan air.

Rotary Press
 Image result for Rotary Press printing
Sebuah cetak rotary adalah percetakan di mana gambar yang akan dicetak melengkung di sekitar silinder. Pencetakan dapat dilakukan pada sejumlah besar substrat, termasuk kertas, karton, dan plastik. Substrat dapat pakan lembar atau dibatalkan pada roll terus menerus melalui pers yang akan dicetak dan selanjutnya diubah jika diperlukan (misalnya mati dipotong, mencetak dipernis, timbul). Mesin cetak yang menggunakan gulungan terus menerus kadang-kadang disebut sebagai "menekan web".


Hectograph (1869)
Hektograph atau gelatin duplikator atau jellygraph adalah pencetakan proses yang melibatkan transfer asli, siap dengan tinta khusus, untuk panci gelatin atau pad gelatin ditarik ketat pada bingkai logam. Hektograf yang ditemukan di Rusia pada tahun 1869 oleh Mikhail Alisov.

Offset Printing
Image result for mesin Offset Printing
Cetak offset adalah teknik yang umum digunakan di mana bertinta gambar dipindahkan (atau "offset") dari piring ke selimut karet, lalu ke permukaan pencetakan. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan litograf proses, yang didasarkan pada tolakan dari minyak dan air, teknik mengimbangi mempekerjakan datar (planographic) pembawa gambar di mana gambar yang akan dicetak memperoleh tinta dari rol tinta, sementara wilayah non-cetak menarik sebuah film berbasis air (disebut "fountain solution"), menjaga daerah non-cetak tinta bebas.

Hot Metal Typesetting
Related image
Dalam cetak dan tipografi, typesetting logam panas (juga disebut typesetting mekanik, timah typesetting panas, logam panas, dan jenis panas) mengacu pada teknologi untuk typesetting teks dalam pencetakan letterpress. Metode ini menyuntikkan cair jenis logam ke dalam cetakan yang memiliki bentuk satu atau lebih mesin terbang. Yang dihasilkan macam dan siput yang kemudian digunakan untuk menekan tinta ke kertas.

Mimeograph
Image result for Mimeograph
Stensil duplikator atau mesin stensil (sering disingkat mimeo) adalah percetakan murah mesin duplikasi yang bekerja dengan memaksa tinta melalui stensil ke kertas. Proses stensil tidak harus bingung dengan duplikator sebagai proses.

Photostat & Rectrigraph
Related image
mesin photostat, atau photostat, adalah awal proyeksi mesin fotokopi dibuat dalam dekade 1900-an oleh Commercial Kamera Perusahaan, yang menjadi photostat Corporation. The "photostat" nama, yang semula merek dagang dari perusahaan, menjadi genericized, dan sering digunakan untuk merujuk kepada mesin sejenis yang diproduksi oleh Rectigraph Perusahaan.

Screen Printing (Sablon)
Image result for Screen Printing (Sablon) mesin
Sablon adalah teknik cetak dimana mesin digunakan untuk mentransfer tinta ke substrat, kecuali di daerah-daerah yang dibuat kedap tinta dengan stensil menghalangi. Sablon juga merupakan metode pembuatan stensil cetak di mana desain dikenakan pada layar dari polyester atau fine mesh lainnya, dengan daerah kosong dilapisi dengan zat kedap

Spirit Duplicator
Image result for Spirit Duplicator print
Sebuah duplikator (juga disebut sebagai mesin Ditto di Amerika Utara, mesin Banda di Inggris atau Roneo di Perancis dan Australia) adalah pencetakan metode diciptakan pada tahun 1923 oleh Wilhelm Ritzerfeld dan biasa digunakan untuk banyak dari sisa abad ke-20. Istilah "roh duplikator" mengacu pada alkohol yang merupakan komponen utama dari pelarut yang digunakan sebagai "tinta" di mesin ini. Perangkat hidup berdampingan bersama stensil.

Xerografi (1942)
Image result for Xerography (1942 print
Xerografi atau electrophotography adalah kering fotokopi teknik. Prinsip mendasar diciptakan oleh fisikawan Hungaria Pál Selényi dan berdasarkan publikasi Selényi ini Chester Carlson diterapkan untuk dan dianugerahi US Patent 2297691 pada tanggal 6 Oktober 1942. Teknik ini awalnya disebut electrophotography.

Phototypesetting
Related image
Phototypesetting adalah metode pengaturan jenis, dianggap usang dengan popularitas komputer pribadi dan Desktop Publishing software, yang menggunakan fotografi proses untuk menghasilkan kolom jenis pada gulungan kertas fotografi. typesetters digunakan mesin yang disebut phototypesetter sebuah, yang akan cepat proyek cahaya melalui film negatif citra karakter individu dalam huruf, melalui lensa yang akan memperbesar atau mengurangi ukuran karakter ke kertas foto, yang akan mengumpulkan pada spool dalam tabung kedap cahaya.
Pencetakan inkjet (1951)
Pencetakan inkjet adalah jenis cetak komputer yang menciptakan sebuah gambar digital dengan mendorong tetesan tinta ke kertas, plastik, atau substrat lainnya. printer inkjet adalah jenis yang paling umum digunakan dari printer, dan berkisar dari konsumen murah kecil model untuk mesin profesional mahal.
Konsep cetak inkjet berasal dari abad ke-20, dan teknologi yang pertama kali secara luas dikembangkan pada awal 1950-an.

Printer dye-sublimation(1957)
Related image
Printer dye-sublimation adalah printer komputer yang mempekerjakan proses pencetakan yang menggunakan panas untuk mentransfer dye ke bahan seperti plastik, kartu, kertas, atau kain.
Beberapa printer dye-sublimation menggunakan CMYO (Cyan Magenta Yellow overcoating) warna, yang berbeda dari lebih diakui CMYK warna dalam hitam tersebut tereliminasi dalam mendukung overcoating jelas.

Dot matrix
Image result for Dot matrix
Dot matrix pencetakan atau pencetakan dampak matriks adalah jenis cetak komputer yang menggunakan print head yang bergerak kembali-dan-sebagainya, atau dalam gerakan naik-turun, pada halaman dan mencetak oleh dampak, mencolok kain tinta direndam pita melawan kertas, seperti mekanisme cetak pada mesin tik. Namun, tidak seperti mesin tik atau daisy wheel printer, surat ditarik keluar dari dot matrix, dan dengan demikian, font bervariasi dan grafis sewenang-wenang dapat diproduksi.

Printer laser
Image result for Printer laser
Pencetakan laser adalah listrik digital printing proses. Ini menghasilkan teks berkualitas tinggi dan grafis (dan foto-kualitas sedang) dengan berulang kali melewati sinar laser bolak-balik atas drum silinder bermuatan negatif untuk menentukan gambar berbeda-beda bermuatan. Drum kemudian selektif mengumpulkan bermuatan listrik tinta bubuk (toner), dan transfer gambar ke kertas, yang kemudian dipanaskan dalam rangka untuk memadukan teks dan / atau citra secara permanen.

Thermal printing (1972)
Image result for Thermal printing (1972)
Pencetakan termal (atau pencetakan termal langsung) adalah digital printing proses yang menghasilkan gambar yang dicetak oleh pemanasan selektif dilapisi kertas termokromik, atau kertas termal seperti yang umumnya dikenal, ketika kertas melewati termal print head. Lapisan ternyata hitam di daerah mana dipanaskan, menghasilkan gambar. Dua-warna langsung thermal printer dapat mencetak baik hitam dan tambahan warna (sering merah) dengan menerapkan panas pada dua yang berbeda suhu.
3D printing
Cetak 3D, juga dikenal sebagai manufaktur aditif (AM), mengacu pada berbagai proses yang digunakan untuk mensintesis tiga dimensi obyek. Dalam pencetakan 3D, lapisan berturut material terbentuk di bawah kontrol komputer untuk membuat sebuah objek. ini benda dapat hampir semua bentuk atau geometri, dan diproduksi dari 3D model atau sumber data elektronik lainnya. Sebuah 3D printer adalah jenis robot industri.
Digital printing
Digital printing mengacu pada metode pencetakan dari digital image berbasis langsung ke berbagai media. Ini biasanya mengacu pada cetak profesional di mana pekerjaan kecil-lari dari desktop publishing dan sumber digital lainnya yang dicetak menggunakan format besar dan / atau volume tinggi Laser atau inkjet printer. Digital printing memiliki biaya yang lebih tinggi per halaman daripada yang lebih tradisional cetak offset metode, tapi harga ini biasanya diimbangi dengan menghindari biaya semua langkah teknis yang diperlukan untuk membuat pelat cetak.
Ini adalah printer yang akan ada di masa depan dengan teknologi yang semakin canggih. Mau tau ?
Pencil Printer I
Masalah dengan printer? jika Anda membuat kesalahan, tidak ada cara untuk menghapusnya. Anda harus mulai dari awal lagi, membuang tinta dan selembar kertas. Jadi mengapa tidak menggunakan grafit sebagai gantinya? Konsep kreatif printer ini dirancang oleh Hoyoung Lee untuk melakukan itu, dengan menggunakan pensil nubs tua yang biasanya dibuang dan juga tersedia penghapus untuk menghapusnya.
StickPop Printer is Ultra-Portable
Ingatlah hari-hari ketika kita semua terparangkap di meja komputer atau sedang berbicara di telepon? Gadget akan portabel dengan cara yang kita tidak pernah berpikir mungkin satu atau dua dekade yang lalu. Konsep printer StickPop adalah baterai dioperasikan, cetakan melalui kabel USB yang cukup kecil sehingga muat dalam tas laptop Anda.
Crawling Robotic Large-Scale Printer
Ingin mencetak benar-benar sesuatu, kapan saja, di mana saja? Kombinasi kertas ZINK, yang memiliki kristal pewarna berwarna tertanam di dalamnya, dan “Mini Giant” printer dapat menghasilkan sepraktis mungkin – bahkan skala besar seperti poster. Mini Giant mendorong sendiri di selembar kertas ZINK untuk mencetak menggunakan teknologi berbasis panas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis lakban

Pengertian Mesin Cetak Offset